Selamat Datang di Fery Musyafir Zone

Saturday, November 6, 2010

Manfaat Garam


Penggunaan garam tidak pada tempatnya dapat merusak lingkungan dan menjadikan lahan kering dengan kandungan kadar garam tinggi, atau pencemaran pada persediaan air. Tetapi garam juga dapat menjadi zat yang sangat berguna, sebab sesungguhnya, tubuh kita mengandalkan garam dari sumber eksternal untuk kelangsungan hidup. Ternyata dibalik itu juga terdapat berbagai manfaat garam bagi kehidupan rumah tangga.

Menurut Institut Salt, garam memiliki lebih dari 14.000 kegunaan yang sudah diketahui, dan setiap orang Amerika sepanjang hidup mereka masing-masing mengonsumsi lebih dari 16 ton garam.

Akan tetapi hanya sebagian dari jumlah itu yang dicerna. Sedangkan bagian terbesarnya adalah untuk mencairkan gundukan salju saat musim dingin.

Sebenarnya garam juga dapat dimanfaatkan dengan berbagai cara di seputar rumah sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan daripada bahan kimia sintetis. Selain mudah mendapatkannya, harganya juga sangat murah, dengan begitu Anda dapat menghemat.

Berikut sedikit penggunaan dari garam:

1. Garam sebagai bahan poles
Dengan mencampurkan garam dan cuka menjadi sebuah adonan kental, maka ia dapat dipakai untuk menggosok dan membuat kilap benda dari perak dan tembaga. Gunakan sehelai kain lembut untuk penggunaannya dan gosokkan, lalu bilas bersih dengan air, kemudian keringkan.

2. Pembersih
Ini adalah sesuatu yang saya pe-lajari selama bekerja di supermarket saat masih muda. Untuk tumpahan minyak dan telur, tutupi area yang terkena noda dengan garam, maka akan menjadi lebih mudah untuk mengangkat noda tersebut.

3. Garam sebagai pembersih pipa saluran
Garam dan air panas dalam jumlah yang sebanding yang kita tuang ke dalam saluran pipa akan dapat membantu menghilangkan bau tak sedap dan dapat membantu melarutkan minyak, juga membantu memperpanjang usia pipa. Tetapi cara ini mungkin sebaiknya tidak dipakai pada sistem pembuangan air limbah kotor, yang mungkin dapat membunuh bakteri baik yang berperan sangat penting untuk menghancurkan zat padat.

4. Membebaskan jendela kaca dan kaca mobil dari embun
Bersihkan bagian dalam jendela kaca di rumah dan mobil Anda dengan spons yang telah dicelupkan ke dalam larutan air garam, lalu keringkan. Cara ini akan membantu mencegah pengembunan selama cuaca dingin. Selain itu, dengan menggosokkan kain kecil yang telah dibasahi dengan garam pada kaca bagian depan mobil Anda, maka juga dapat mencegah pengembunan. Pada iklim bersalju, cara ini dapat mencegah terbentuknya es pada kaca.

5. Menggosok periuk dan panci
Tuangkan garam kasar ke atas perlengkapan masak berminyak sebelum penggosokan untuk membantu menghilangkan lemak-lemak yang menempel.

6. Menghilangkan noda teh dan noda kopi
Untuk menyingkirkan noda teh dan kopi pada cangkir dan karaf anggur ( sejenis bejana untuk minuman anggur ), taburkan garam ke atas sponge dan usapkan dengan gerakan berputar-putar pada waktu menggosok noda yang menempel.

7. Mensterilkan spons
Spons pembersih yang biasanya digunakan untuk keperluan dapur adalah tempat perkembangbiakan yang sempurna bagi berbagai macam bakteri tidak baik. Dengan merendam spons ke dalam larutan garam kadar tinggi, dapat membantu membasmi bakteri-bakteri tersebut.

8. Penakluk serangga
Tuangkan garam pada tempat-tempat dimana semut sering berkerumun, dengan cara searah garis untuk mencegah semut-semut tersebut lewat.

9. Cara paling bersahabat untuk membasmi gulma
Campuran garam dan air panas dengan perbandingan 1 : 3 dapat dituang secara langsung ke atas gulma untuk membasmi mereka.

10. Pencuci mulut dan obat kumur
Larutkan sekitar seperempat sendok teh garam ke dalam setengah sendok makan air hangat. Ratakan ke seputar mulut Anda lalu kumur-kumur. Saya juga telah merasakan manfaatnya, ini benar-benar membantu ketika berhadapan dengan sakit gigi.

11. Papan potong yang berbau tidak sedap
Papan potong dengan bau yang tidak sedap menandakan adanya bakteri, dan ini bukan hanya masalah bau pada papan potong, tetapi juga merupakan masalah kesehatan.

Bakteri dapat dihilangkan dengan garam, oleh sebab itu usapkan garam pada area papan potong Anda yang beraroma tidak sedap, biarkan sebentar lalu bilas, papan potong Anda akan menjadi berbau segar dan menjadi bebas bakteri!

12. Pemadam kebakaran
Simpan sekotak garam sedekat mungkin sebagai alat pemadam api pada saat keadaan darurat untuk memadamkan kebakaran akibat minyak. Tetapi ia tidak boleh menggantikan alat pemadam api yang sesungguhnya, hanya untuk menjadi cadangan yang baik.

13. Pembersih setrika
Berkali-kali, setrika besi mengangkat sedikit demi sedikit kotoran yang mengakibatkan mereka menempel ketika Anda menggosok pakaian Anda. Untuk menghilangkan segala macam kotoran tersebut, taburkan garam ke atas selembar kertas dan lalu disetrika di atasnya. Gunakan sedikit uap panas untuk membersihkan pancaran air sesudah melakukan hal ini dan juga bersihkan alas setrika dengan sehelai kain lembab ketika sudah tidak panas.

14. Mencegah terbentuknya noda pada cerobong
Jika Anda menggunakan pembakaran kayu untuk kompor atau tungku pemanas, jelaga dan cairan ter kayu akan terbentuk pada cerobong asap, hal ini telah mengurangi estetika dan juga dapat meningkatkan risiko kebakaran pada cerobong asap. Segenggam garam yang dilemparkan ke atas nyala api adakalanya dapat membantu menghilangkan jelaga.


Berikut tips menarik yang saya temui beberapa kali—dengan menambahkan sejumput garam pada susu, akan membuat susu lebih awet disimpan untuk waktu yang lebih lama tanpa mengubah rasa!

Di atas hanya beberapa masalah yang umum dari berbagai kegunaan garam, akan tetapi sesungguhnya masih banyak manfaat lainnya. Satu hal yang harus diperhatikan, selain jumlah yang berlimpah-limpah dan murah; terlalu banyak garam yang melekat di saluran air kita atau bahkan di halaman pekarangan, akan dapat merusak lingkungan, oleh karena itu gunakan secukupnya saja. (Michael Bloch/The Epoch Times/mer)