Selamat Datang di Fery Musyafir Zone

Tuesday, February 15, 2011

Denah Rumah Minimalis Tipe 36

denah apartemen 36 minimalis

Rumah tipe 36 saat ini adalah yang sangat banyak ditawarkan, apalagi kepada pasangan muda yang pertama kali akan memiliki rumah. Rumah tipe 36 ini banyak ditawarkan pengembang perumahan maupun apartemen di kota-kota besar. Meski tidak terlalu luas, dengan memaksimalkan desain denah ruangan, rumah tipe 36 dapat nyaman ditinggali dan tetap menjaga privasi.

Untuk kenyamanan dan kesehatan penghuni sirkulasi udara, penataan interior, dan pencahayaan adalah aspek penting yang perlu diperhatikan dalam pembangunan rumah tipe 36.

Sebagai gambaran, ini adalah denah standar rumah dan apartemen tipe 36:

denah rumah minimalis standar tipe 36

denah apartemen 36 minimalis

Untuk rumah tipe 36 standar anda dapat banyak melakukan perubahan tergantung luas tanah yang tersedia.

Berbeda dengan apartemen tipe 36 ruangan yang sempit memang cukup menyulitkan menimbulkan kesan minimalis modern. Penggunaan partisi-partisi yang bisa dibongkar pasang merupakan alternatif terbaik. Namun tidak perlu khawatir, pemilihan interior ruangan dan warna cat yang tepat akan sangat membantu.

Untuk membuat denah rumah tipe 36 mulailah dengan membuat daftar ruangan yang dibutuhkan berikut luas yang diinginkan. Mulai dengan ruangan yang utama terlebih dahulu seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang tamu dan seterusnya. Kemudian hitung luas masing-masing ruangan, lalu susun posisi ruangannya.

Kemudian anda dapat memperkirakan perabotan yang akan dimasukkan ke dalam ruangan tersebut. Pastikan masih cukup banyak area untuk sirkulasi udara dan ruang gerak penghuni untuk kenyamanan anda.

Sebaiknya posisi ruangan yang basah, seperti dapur, kamar mandi, tempat mencuci, dibuat secara berdekatan atau berada dalam satu jalur untuk memudahkan pemasangan instalasi air bersih dan air kotor. Upayakan buangan air kotor ke septic tank lurus tanpa berbelok.

Untuk membuat denah rumah yang sehat jangan sepelekan hal berikut :

- Sirkulasi Udara dan Sinar matahari yang maksimal untuk kesehatan dan kenyamanan.Untuk bisa mendapatkan sirkulasi udara, buatlah langit-langit yang agak tinggi atau sebuah bagian atap yang bertingkat. Agar sinar matahari bisa masuk, buatlah bukaan menghadap datangnya sinar. Bukaan tersebut bisa berupa pintu atau jendela.

– Pastikan rumah anda memiliki Taman sebagai penyaring udara kotor dan debu yang masuk ke dalam rumah dan sebagai penambah oksigen.

Sebagai contoh, ini adalah gambar denah rumah bertingkat tipe 36 yang baik:

denah rumah type 36 renovasisumber: eramuslim

Untuk mendapatkan susunan yang pas, terkadang Anda harus memindahkan, mencoret, mengurangi, atau menambahkan bagian-bagian tertentu hingga akhirnya denah rumah minimalisAnda terlihat ideal.

Bila jumlah anggota keluarga anda bertambah dan membutuhkan ruangan yang lebih luas, renovasi harus dilakukan. Renovasi yang paling sering dilakukan adalah dengan meningkatkan rumah , atau dengan menggabungkan dua rumah tipe 36.

Berikut ini adalah gambar denah rumah tipe 36 yang digabungkan:

denah rumah tipe 36 digabungkan

sumber : kilau-design

Bila masih kurang puas dengan hasil gambaran anda sendiri, gunakanlah jasa konsultan untuk menggambarkan denah yang anda inginkan.