Selamat Datang di Fery Musyafir Zone

Thursday, January 20, 2011

Tips Merawat Bingkai Foto

Agar bingkai / frame foto anda tetap terjaga kondisinya dan senantiasa menarik untuk dipandang, simak tips-tips merawat bingkai berikut ini

1) Periksa bingkai secara periodik, apakah kaitan dan tali gantungannya masih kuat, dan posisi serta kondisinya masih baik, terutama untuk bingkai – bingkai lama.

2) Kaca bingkai perlu dibersihkan secara rutin dengan menggunakan cairan pembersih kaca yang disemprotkan ke lap bersih, lalu diseka ke permukaan kaca. Jaga agar air yang masuk ke dalam bingkai, sehingga gambar tetap kering dan tidak lembab.

3) Bingkai dan gambar yang lembab mudah berjamur. Untuk menjaga agar kondisinya tetap kering, tempelkan sekantung kecil silica gel ( bisa dibeli di apotek ) di bagian belakang bingkai.

4) Kayu bingkai bisa dibersihkan dengan cairan pembersih kayu yang disemprotkan ke lap lembab, lalu diusapkan ke permukaan bingkai.

5) Debu yang menempel pada bingkai yang berprofil atau berukir – ukiran bisa dibersihkan dengan kuas kecil yang dapat menjangkau ke sela – sela ukiran pada bingkai.

6) Backing atau bagian belakang bingkai bisa dibersihkan dengan lap bersih yang diberi sedikit air sehingga lembab, tetapi awas jangan terlalu basah.

7) Lukisan yang dibingkai tanpa kaca bisa dibersihkan dengan hati – hati menggunakan kemoceng atau lap katun halus yang kering. Jangan gunakan lap yang berbulu karena bulu – bulunya bisa menempel di cat pada lukisan.

8) Linen/velvet pada bingkai lukisan bisa dibersihkan dengan sikat gigi bekas yang kering agar debu – debunya lepas.