Selamat Datang di Fery Musyafir Zone

Thursday, January 20, 2011

Tips Membeli HP Second dengan Aman

Ingin punya hp tapi kocek nggak cukup? atau suka mengkoleksi hp-hp yang jadul gitu? boleh-boleh saja sich, tapi ada beberapa faktor yang harus diperhatikan sebelum anda memutuskan untuk membeli hp second hand. Apa sajakah tips-nya? silakan simak baik-baik… jangan sampai anda mengalami kerugian gara-gara salah beli hp second:)

* Toko / Counter penjual, dari situ anda bisa lihat bagaimana jumlah produk yang di jual perhatikan di situ jika handphone yang di dalam counter jumlahnya banyak tidak tertata rapi bisa jadi toko itu menampung handphone bekas tidak berkualitas yang dimaksud disini adalah toko tersebut menampung hp yang dijual oleh orang dengan hp yang mungkin bekas servis berat, hp curian, maupun titipan dari counter lain. Ada istilah “ngebom” yaitu orang menjual hp yang rusak kemudian diservis sementara agar normal lagi kemudian di jual ke counter karena menjual hp di conter hingga terjadi transaksi hanya berlangsung +20menit. Lalu counter hanya memeriksa sebentar lalu di pajang di boks counter, tentu saja para calon pembeli yang akan dirugikan.

* Harga, inilah yang menjadi syarat utama membeli hp bekas untuk harga di setiap toko pasti berbeda-beda untuk patokan harga anda bisa lihat di iklan baris lalu samakan dengan harga di toko jika di toko terlalu mahal di banding harga di iklan baris langsung saja bilang “harga anda di atas pasaran” dari situ anda langsung memberi penawaran dengan harga terendah, untuk yang lain sebelum membeli anda bisa survei dari toko satu ke toko bandingkan perbedaannya sesuai tidak dengan kualitas.

* Garansi, ini yang penting apakah itu garansi resmi / garansi toko, cek dulu apakah handphone yang akan anda beli untuk garansi resminya apakah masih berlaku. Garansi toko yang bagus adalah masa garansi 3 bulan.

* Batere, ini yang menjadi momok dalam membeli handphone bekas, batere menjadi drop (lowbat). Ada trik untuk mengetahui batere tersebut masih bagus apa tidak pertama perhatikan permukaan batere apakah rata/tidak?. Jika tidak rata (menggelembung) itu berarti batere sudah uzur harus di ganti. Yang kedua adalah memainkan menu suara, ringtone, call, getar, mp3, jika kita memainkan menu itu dalam 2-5 menit jika indikator tanda batere penuh lalu anda memainkan menu dan tiba-tiba ada tulisan batere lemah maka ketahuan batere itu sudah soak.

* LCD, ini juga penting karena bagian ini suku cadangnya lumayan mahal. Walau banyak yang murah tapi kualitasnya jelek. Trik untuk mengetahui qualitas LCD masih bagus /tidak bisa anda cek dengan melihat permukaan LCD dari samping kanan kiri tasa bawah jika warna LCD agak gelap atau permukaan LCD ada bercak hitam tidak merata seperti gosong berarti LCD tersebut qualitasnya jelek dan bekas di servis. Ada cara lain melihat qualitas LCD yaitu dengan menekan bagian luar atas dan bawah bingkai LCD jika di tekan lalu lepas perhatikan apakah di layar menu tetap utuh atau sudah buram.

* Lihat bodi di dalam, lihatlah permukaan mika bening di keypad perhatikan di baut penutup apakah terlihat retak /masih mulus?

* Segel, ini penting lihat apakah segel hologram nokia masih terpasang atau sudah dilepas jika sudah terlepas atau tidak ada lagi, berarti hp tersebut pernah di servis.

* Signal sinyal, merupakan nyawa dari sebuah handphone banyak kasus di hp nokia adalah tejadi no signal kerusakan sinyal untuk penggantian sparepart-nya saja sekitar 200ribu. Namun banyak diakali dengan diservis dengan cara mengangkat sinyal tersebut untuk sementara waktu lalu di jual. Untuk mengecek sinyal ada cara yang ampuh yaitu menggunakan kartu SIMPATI jika menggunakan simpati jika sinyal terlihat naik turun terlalu lama mungkin sinyal sudah bobrok. Karena Sinyal simpati sangat mudah ditangkap di banding kartu lain.

* Kardus pembungkus dan buku panduan, cocokkan apakah dus itu benar-benar dus yang sesuai dengan handphone yang tertera. Untuk mencocokkan antara dus dan handphone bisa dilihat dari no IMEI yang tertera di balik batere dan di sampng dus cocokan apakah nomornya sama. Jika berbeda bisa jadi itu handphone curian.

Sebenarnya tips-tips yang lain masih ada, namun di sini saya menulis yang inti-intinya saja agar ketika anda ingin membeli handphone bekas bisa mendapatkan barang yang tidak mengecewakan walupun ada garansi dari toko. Namun di sini kualitas tetap no 1 yang kita perhatikan. Semoga Berguna