Selamat Datang di Fery Musyafir Zone

Thursday, January 20, 2011

Tips Mengatur Gaji Untuk Kebutuhan 1 Bulan

Terkadang uang (gaji) sebesar apapun terasa tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup kita di jaman sekarang ini. sebab banyak hal-hal yang mempengaruhinya diantaranya tingginya biaya hidup terlebih jika kita tinggal di kota seperti jakarta, surabaya, makassar dan lain sebagainya. sehingga gaji yang seberapa besarpun terkadang kagak bisa mencukupi terlebih untuk menabung buat masa depan.

Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk merencanakan aliran uang Anda tetap dalam jalur yang diinginkan.

1.kita mesti berpikir jauh ke depan. membuat planing atau daftar pengeluaran yang cukup besar yang harus dipenuhi untuk masa yang akan datang misalnya pernikahan, hari kelahiran anak, liburan, dan lain sebagainya. hal ini dilakukan dengan menabung di bank yang dapat ditarik secara otomatis buat keperluan harian.

2.membuat perencanaan keuangan khusus untuk bulan dan tahun ke depan, dan juga membuat sementara buat perhitungan pemasukan dan pengeluaran rata-rata per bulan Anda.

3. Menyimpan bon dan kuitansi yang anda terima. misalnya pembayaran telepon, air, makan siang dan lain sebagainya kemudian bayangkan apakah semua itu bermanfaat atau tidak lalu mencari alternatif lainnya.

4. Menahan godaan. Mungkin ini yang paling sulit dilakukan oleh para kaum wanita yang biasanya tergiur dengan diskon besar-besaran.

5. Menabung. Khususnya untuk simpanan yang memakai jangka waktu.

6. Menyimpan dan mencatat segala kebutuhan yang berkaitan dengan keuangan. namun catatan tadi jangan sampai tercecer apalagi jika berhubungan dengan identitas anda.

7.Karena melakukan liburan biasanya membutuhkan biaya besar tak ada salahnya menyisipkan sedikit demi sedikit agar tak mengambil uang yang berbunga di manapun.