Selamat Datang di Fery Musyafir Zone

Saturday, March 5, 2011

Desain Rumah Sudut

Tampak depanDesain Rumah Minimalis memang tiada habisnya untuk dieksplorasi dan ditampilkan kembali pada tempat dan lokasi yang berbeda. Alasannya memang sangat logis, dimana saat ini issu – issu yang berkembang mengenai minimalis, green architecture, hemat energy kearifan lokal, serta pemanfaatan bahan-bahan lokal memang menjadi primadona, disamping kemauan pemilik yang rata-rata usia muda yang maunya serba praktis dan zero maintenance.

Untuk itu rumah yang terletak di kawasan Bintaro ini juga mewujudkan sebuah rancangan minimalis yang simple dan bebas perawatan, mengingat kesibukan sehari-hari dari pemilik yang sering bertugas di luar kota dan luar negeri. Kondisi eksisting awal adalah rumah standard yang dibangun oleh developer di lokasi tanah sudut seluas 410 m2.

Karena posisi kawasan perumahan yang tergolong rawan banjir, maka pada lantai dasar serta taman dinaikkan setinggi sekitar 1m, sedangkan lantai 1 rumah naik setinggi 1.7 dari jalan/posisi awal.

Ruangan yang didapat adalah : Lantai 1, Garasi dan Carport, Ruang Keluarga dan Ruang Tamu, Ruang Makan, Mini Bar serta Dapur, sedangkan di sebelah belakang terdapat Mushollam Kamar Pembantu, serta Kolam Ikan. Ruang Tidur Utama serta Kamar Mandi dalam + WIC terletak di sebelah kiri bangunan, agak menonjol keluar yang memiliki kesan bangunan extension.

Untuk Lantai 2 terdapat ruang tidur anak 3 buah, gudang, serta ruang keluarga. ruang cuci, jemur dan setrika terletak di sisi depan gudang. Ketinggian lantai bangunan (Floor to Floor) adalah setinggi 3.6 Meter.
Denah lantai-1Denah lantai-2Denah lantai-3Tampak sampingTampak potongan