Selamat Datang di Fery Musyafir Zone

Saturday, March 5, 2011

Rumah Minimalis Keren

tip-70-annahapefasad2webannahape.com Rumah minimalis keren di lahan 100m2? Mengapa tidak? Rumah mungil berkualitas wah bukan hal mustahil. Hunian kecil layaknya apartemen berkelas dapat anda miliki. Tak peduli bila luas tanahnya kecil saja. Syaratnya? Desainlah rumah dengan baik, presisi dan optimal.

Ketiganya saya uraikan satu per satu di sini:

Pertama, desain yang baik mempertimbangkan aspek sirkulasi udara, pencahayaan alami serta sirkulasi penghuni. Sirkulasi udara berarti, Anda memperhitungkan aliran udara masuk dan keluar. Harus ada 2 bukaan silang yang membuat udara dapat masuk dan keluar. Entah dari depan-belakang, samping-samping atau depan samping. Pencahayaan alami yang baik berarti Anda tidak pernah membutuhkan lampu di siang hari di semua ruang. Sirkulasi penghuni berarti Anda memperhitungkan lalu lalang orang dan ruang yang dibutuhkan untuk berpindah dari satu ruang ke ruang lain.

Kedua, presisi. Besar ruang yang presisi menjadi sangat penting terutama bila lahan terbatas. Umpamanya, perhitungkan panjang dan lebar tempat tidur yang akan dipakai; atau, sofa yang Anda beli. Ciptakan ruang yang pas untuk furniture tersebut. Cek dengan tepat ukuran dan posisi closet di WC. Perhitungkan agar pintu kamar mandi/WC dapat dibuka leluasa. Entah pada saat dipakai atau tidak.

Ketiga, optimal. Artinya seluruh ruang dalam rumah mempunyai fungsi. Baik untuk tempat furniture maupun lalu lalang orang. Perencanaan atau desain optimal berarti tidak ada ruang yang mubazir dan diletakkan dalam komposisi yang cermat. Dalam hal ini, kerap orang melupakan penempatan ruang service yang optimal yang memenuhi semua kebutuhan. Mulai dari tempat cuci, jemur dan setrika.kibatnya. Rumahnya boleh keren. Tapi di siang hari pemandangan jadi rusak. Pasalnya, jemuran berjejer di pagar atau di carport. Rumusnya: segala sesuatu (yang dibutuhkan) ada tempatnya.

Nah contoh denah rumah di bawah ini mungkin berguna. Rumah mungil ini berukuran panjang (tampak muka) 7m dan lebar (samping) 6,5m. Luas 7m x 6,5m = 45,5m2 dua lantai. Jadi total 91m2. Agar ada carport dan taman di samping rumah, denah ini dapat diterapkan pada tanah dengan ukuran minimal 9x10m. Alias 90m2.

Contoh Rumah ini dirancang untuk keluarga muda, atau keluarga dengan 1 anak yang sudah besar. Cocok juga untuk rumah kontrakkan mewah untuk eksekutif lajang/single atau expatriate. Atau bahkan sebuah villa mungil.

Denah Rumah Lantai 1


Lantai 1 diperuntukkan untuk ruang keluarga/tamu, dapur, kamar tidur tamu, ruang pembantu dan gudang bawah tangga. Kesan wah, nantinya dapat ditampilkan dari kitchen set, kolam kecil berikut air mengalir pada dinding depan kamar mandi tamu, serta pilihan furniture berkualitas di ruang keluarga.

Denah Rumah Lantai 2


Lantai 2 hanya diperuntukkan untuk ruang tidur utama ukuran 5,25 x 3,3,termasuk meja kerja. Masih lagi ditambah walking closet/lemari pakain dan Km/WC. Dibagian lain terdapat ruang cuci, setrika dan jemur. Void disediakan untuk menambah sirkulasi udara dan pencahayaan alami di sekitar kolam ikan/taman kering di lantai 1.

Tentu saja denah lantai 2 ini masih dapat dimodifikasi bila Anda menginginkan dua ruang tidur saja untuk ukuran standard. Karena Anda menginginkan ada kamar Anak dan Kamar utama.

Alternatif Tampak
Dari denah tersebut, Anda selanjutnya dapat membuat berbagai fasad rumah idaman. Entah minimalis atau nuansa tropis yang kental. Dua contoh saya tampilkan di sini. Keduanya berasal dari denah rumah yang sama.

Sketsa Tampak Rumah Tropis

Sketsa Tampak Rumah Minimalis

Catatan akhir dari tip ini adalah bagaimana kesan wah dan keren sebuh rumah dapat diperoleh. Antara lain berasal dari:
1. Kerapian pekerjaan finishing lantai, tembok dan plafon.
2. Pilihan komposisi warna dan kualitas cat tembok, finishing kusen, daun jendela dan daun pintu
3. Kualitas lantai, keramik, granit, marmer atau parket
4. Desain kamar mandi dan kualitas sanitair seperti closet, wastafel, kran dan kelengkapan lainnya.
5. Selanjutnya penataan interior dan pencahayaan yang kompak dan rapi di semua ruang mulai dari furniture sampai gordyn/korden, sprey tempat tidur.
6. Penambahan kolam ikan atau taman kering dalam ruamh akan meningkatkan kesan wah yang Anda idamkan.

Kalau Anda rasa contoh di atas bermanfaat, silakan jadikan koleksi. Tetapi, apakah Anda orang yang cocok dengan rumah Minimalis? Baca Tip 27 Desain Rumah Minimalis: Lebih dari Sekedar Gaya, Itu Filosofi Hidup