Selamat Datang di Fery Musyafir Zone

Monday, May 24, 2010

Catalan Atlas Artefak Kuno Tetapi Sangat Akurat

Atlas Katalan, adalah artefak unik sekaligus karya terbaik dari sekolah kartografi Majorcan abad keempat belas. Kemungkinan besar diproduksi pada tahun 1375 dengan melihat tanggal yang muncul pada kalender abadi atas peta, meskipun tanpa kepastian, untuk Cresques Abraham, atlas sudah dicatat di perpustakaan Charles V, dalam inventaris yang disusun oleh Gilles Malet dan disalin oleh Jean Blanchett pada tahun 1380.
Penemuan benda bersejarah Atlas Katalan awalnya terdiri dari 6 lembar terlipat di tengah; daun ini sekarang dipotong setengah. Atlas dilukis dalam berbagai warna, emas dan perak; masing-masing setengah lembar sudah terpasang di salah satu sisi dari lima panel kayu, setengah pertama dari lembar pertama dan paruh kedua lembar terakhir sudah terpasang diikat dengan kulit coklat. Setiap lembar ukuran sekitar 65 x 50 cm, untuk ukuran keseluruhan 65 x 300 cm.
artefak  bersejarah
Dua lembar pertama berisi kompilasi teks cosmographical, astronomi, dan astrologi diterjemahkan ke Bahasa Catalan. Teks-teks ini menekankan bentuk bola bumi dan keadaan dunia yang dikenal, mereka juga memberikan informasi yang berguna untuk pelaut pada pasang surut dan bagaimana memperhitungkan waktu di malam hari. Teks-teks yang disertai dengan beberapa ilustrasi: tabel air pasang, kalender abadi, sosok seorang pria ditandai dengan tanda-tanda zodiak, dan grafik, besar melingkar dibingkai oleh empat musim yang memberikan informasi tentang zodiak, dikenal tujuh planet, dan diagram dari rasi bintang.
Empat lembar yang tersisa merupakan peta yang sebenarnya, yang terbagi menjadi dua bagian utama. Peta menunjukkan ilustrasi kota, ikatan-ikatan politik yang dilambangkan oleh bendera. Kota-kota Kristen ditandai dengan bendera, kota silang lain dengan kubah. Laut dan samudra yang disimbolkan dengan garis-garis vertikal biru bergelombang. Dan seperti biasa untuk grafik laut, tempat nama-nama pelabuhan penting dituangkan dalam warna merah, sementara yang lain ditunjukkan dalam warna hitam.
benda  bersejarah
Artefak kuno ini Tidak seperti grafik laut lainnya, Atlas Catalan dimaksudkan untuk dibaca dengan utara di bagian bawah, sehingga peta berorientasi dari kiri ke kanan, dari Timur Jauh ke Atlantik. Kumpulan pelat memberikan pandangan keseluruhan dokumen tersebut disajikan dan dimaksudkan untuk dibaca, dengan kata lain dengan bagia teratas selatan, tetapi untuk memfasilitasi konsultasi, kutipan dari Atlas ditampilkan dengan utara paling atas.
Dua lembaran terakhir bentuk grafik portolan cukup standar dari jenis yang sama sepertipeta kuno Angelino Dulcert 1339. Namun, pada titik barat, dekat angin pertama naik (kompas) yang pernah digambarkan dalam suatu bagan portolan, adalah sebuah komentar tentang mitos “Iles Beneventurades,” menggambarkan Fortunate Islands oleh Pliny the Elder dan Isidore dari Sevilla, serta sebuah ilustrasi tentang tidak kurang mitos “insula de Brasil”.
Juga patut dicatat adalah gulangan dari pulau Corsica dan Sardinia pada dua daun berturut-turut menciptakan bidang ‘tumpang tindih’ di tengah Laut Mediterania, (fitur ini tidak terjadi di bagian timur dari Atlas). Di Afrika beberapa penguasa digambarkan (termasuk raja Mali, “Musse Melly,” Mansa Musa, tongkat kerajaan dihiasi dengan fleur-de-lys, dan raja dari Organa, sebuah Saracen bersenjata). “Tenbuch” (Timbuktu) juga diwakili, seperti kapal dari Jaume Ferrer yang berlayar tahun 1346 ke “Riu del Atau” (Sungai Emas) dalam pencarian sebuah rute laut sekitar pegunungan Atlas, yang menghambat perjalanan ke Afrika dimana terdapat Catalans Genoa dan berharap untuk menemukan emas dan gading.
Dua lembaran pertama, yang merupakan bagian timur dari Atlas Catalan, menggambarkan referensi keagamaan banyak serta sintesis dari abad pertengahan mappae Mundi (Yerusalem terletak hampir di pusat dokumen) dan literatur perjalanan waktu, terutama Buku Marco Polo’s dari Marvels dan Perjalanan dan Petualangan Mandeville Sir John. Sebagai contoh di tanah ‘Catayo’ (Cina), peta kota menunjukkan ‘Chambaleth’ (Beijing) dimana Khan Agung tinggal, Sumatera (“Illa Trapobana”), dan garis pantai beringsut dengan banyak warna pulau yang mengingatkan lautan samudra dari Orbis Terrarum.
Di sebelah timur Laut Kaspia, peta kuno ini didasarkan pada referensi Alkitab dan mitologi, serta atas pinjaman dari narasi travellers: “bagian Musa” Laut Merah, Gunung Sinai, Gunung Ararat, Menara Babel, orang Majus berikut bintang, Kristus Raja, Mekah, Babel, Ratu Sheba, “Illa Jana,” rumah mitos dunia dari Amazon “Regio Femarum”, Siren, Kerajaan Gog dan Magog, Alexander Great, Pigmi yang berjuang dan kehadirannya di pegunungan Asia dibuktikan oleh Pliny the Elder, tapi disangkal oleh Marco Polo.
Meskipun bukan perkiraan kartografis desain peta itu, banyak kota di India dan Cina dapat diidentifikasi. Yang jelas adalah teks laporan penjelasan digambarkan oleh Marco Polo dan katalog sumber daya ekonomi lokal, yang nyata atau yang seharusnya. Ini, memang, mungkin merupakan aspek yang paling menarik dari Atlas Catalan: sebelah timur Mediterania dunia yang terdefinisi dengan baik sebagai daerah ekonomi yang sangat besar yang penting dan jelas dipahami, tetapi yang tetap misterius dan belum diselidiki. Ini dunia rempah-rempah, sutra, dan kekayaan luar biasa digambarkan oleh Marco Polo, salah satu yang Christopher Columbus usahakan dicapai dengan rute barat 117 tahun kemudian.